Subhanallah! Inilah 2 waktu Mustajab Untuk Berdoa Khusus di Hari Jum'at

by 17:51:00 0 komentar
Sahabat, hari apa yang paling kalian nanti dalam seminggu?

Sumber Gambar: arah.com/article/36247/10-keistimewaan-hari-jumat.html
Tahukah kalian, ternyata hari Jum'at sangat pantas untuk dinantikan. Bukan karena Jum'at biasanya merupakan hari terakhir dalam hari-hari kerja melainkan karena keistimewaan yang dimilikinya.
Apa saja keistimewaannya? Banyak.
Dari riwayat Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjelaskan bahwa hari paling baik dimana matahari terbit adalah hari jumat.
Pada hari itu Adam diciptakan.
Pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga. Serta diturunkan dari surga.
Pada hari itu juga kiamat akan terjadi.
Pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.
Subhanallah, di antara sekian banyak keistimewaan hari Jum'at, terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa. Sebagai manusia yang sangat butuh akan pengabulan doa dari sang Pencipta, kita bisa memanfaatkan waktu mustajab ini untuk berdoa.


Sumber Gambar: tamanfaidah.wordpress.com/2016/08/03/keutamaan-hari-jumat/
Dari berbagai pedapat ulama, ada dua pendapat yang paling kuat mengenai waktu mustajab tersebut, yaitu:
  1. 1. Waktu itu dimulai dari duduknya imam sampai pelaksanaan shalat jum’at
Hal ini sebagaimana riwayat Muslim, ‘Abdullah bin ‘Umar berkata pada Abu Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari “Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah sehubungan dengan waktu ijaabah pada hari jum’at?”
Lalu Abu Burdah mengatakan,'Aku mendengar Rasulullah bersabda, Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.'
2. Batas akhir dari waktu mustajab tersebut hingga setelah ‘ashar
Diriwayatkan oleh Abu Dawud 'Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.'
Kita memang bisa berdoa kapan saja dan di mana saja, namun memanfaatkan waktu-waktu mustajab bisa menjadi sebab terkabulnya doa. Bagaimanapun doa adalah salah satu ibadah yang sekaligus kekuatan tak kasat mata yang merupakan bentuk penghambaan terbesar hamba kepada Rabbnya.


Sumber Gambar: daarulmuhsinin.com/jumat-barokah-14-ramadhan-1438h-09-juni-2017/

Sumber Referensi:
muslimah.or.id/74-ternyata-hari-jumat-itu-istimewa.html

sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

0 komentar:

Post a Comment