HARAMNYA MAKAN DENGAN TANGAN KIRI…

by 21:52:00 2 komentar

🌿HARAMNYA MAKAN DENGAN TANGAN KIRI…

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika seseorang diantara kalian makan, hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 3764)

Dari ‘Umar bin Abi Salamah radhiallahu anhu dia berkata: Dulu aku adalah anak kecil yang berada di bawah pengasuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ketika makan, tanganku berpindah-pindah kesana kemari di atas piring. Maka beliau bersabda kepadaku:

“Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Salamah bin Al-Akwa’ radhiallahu anhu dia berkata:

“Ada seorang laki-laki yang makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan tangan kirinya. Maka Rasulullah bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu!” Dia menjawab, “Aku tidak bisa.” Beliau bersabda, “Semoga kamu tidak bisa?” –padahal tidak ada yang mencegah dia makan dengan tangan kanan kecuali karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa dia angkat sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim no. 2021)

(Islam.istiqomah)

📝Oleh Courtesy of Mutiara Risalah Islam
---
♻ WAGroup Madinatulquran : 0852-0023-6000
♻ Channel Telegram : https://goo.gl/Vxh9EL
🌐 www.madinatulquran.or.id
#####

sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

2 comments:

  1. Kalau orang yang kidal gimana ya, mba Sarah? Pernah ada temenku takut aku komen soal ini, trus dia bilang, "Maaf ya, Ila. Aku pakai tangan kiri, soalnya aku kidal." Aku udah lama tahu soal dia kidal, tapi kadang masih ngerasa aneh juga ngeliat orang makan dengan tangan kiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hukum makan dengan tangan kiri ini juga sebenarnya kan ada sebagian ulama yg memakruhkannya saja tidak haram, kalu saya mengikuti pendapat yg menyatakan haram, maka dalam kasus kidal wajib dilatih untuk makan dengan tangan kanan, kek kita tahiyat telunjuk yg diangkat wajib yg kanankan? g ada excuse krna kidal pas tahiyat boleh ngangkat tangan kiri.
      tapi klu yg memakruhkan hukumnya makan dengan tangan kiri, maka orang kidal yg makan dgn tangan kiri dimasukkan ke dalam kategori keringanan tangan kananny tdk berfungsi sprti ktka tangan kanan kita cidera parah shngga tdk bsa digunakan.
      nah kalu ak condong pda pendapat bhwa orang kidal wajib melatih diri u makan dgn tangan kanan, wallahu a'lam

      Delete