Tips menghadapi batuk pilek

by 06:51:00 0 komentar
Gambar dari sini
Musim Penghujan bukan hanya musimnya kodok bersuka cita, tapi juga identik dengan musimnya batuk pilek. Bagi orang tua yang memiliki anak kecil, kondisi ini pasti sedikit merepotkan.

Begitu pun saya, memiliki tiga orang anak dengan rentang usia 8 tahun, 5 tahun, serta 2,5 tahun membuat saya harus ekstra waspada tatkala musim batuk pilek melanda. Terlebih ketiga anak saya memiliki bakat asma, yang cenderung kumat saat musim tak bersahabat.

Menghadapi pergantian musim, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan demi meminimalisir batuk pilek menimpa anggota keluarga kita.

1. Bawang merah
Bawang merah sebagai salah satu rempah-rempah ternama tentu tidak asing bagi kita. Baunya yang khas ternyata memiliki  fungsi sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung ketika flu. Caranya sangat mudah, bagi dua sesiung bawang merah, letakkan di bawah hidung  dan hiruplah aromanya sekitar 5 menit.

Bawang merah juga bisa menetralisir virus di udara, caranya iris-iris beberapa siung bawang merah letakkan di sebuah mangkok bersih, lalu letakkan di pojok ruangan. Gantilah irisan bawang merah tadi setiap 3 hari sekali. Hal ini juga sangat efektif untuk mencegah penularan virus flu pada anggota Keluarga lain.

2.Terapi uap
Ketika terserang flu, anda juga bisa mencoba cara ini. Ambil sebaskom air panas, campurkan minyak kayu putih, jahe, kunyit, dan rempah lainnya. Tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut agar uap panas terhirup. Jangan terapkan cara ini pada anak yang masih terlalu kecil, karena bisa saja tanpa sengaja ia justru menumpahkan air panasnya.

3.Madu dan Jeruk Nipis
Ramuan ini sangat bermanfaat untuk melegakan batuk pilek pada anak-anak. Cara membuatnya juga mudah. Campurkan 3 sampai 4 sendok madu kedalam segelas air hangat campurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis. Atau bisa juga dicampurkan pada teh hangat atau juice buah.

4.Meningkatkan imunitas 
Menngkatkan imunitas adalah cara tertepat untuk melawan virus. bisa dengan memperbanyak minum air putih, Mengkonsumsi makanan bergizi, memperbanyak asupan buah dan sayur, dan mengurangi makanan-makanan mengandung gula serta berpengawet.

Selamat mencoba!!!



sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

0 komentar:

Post a Comment