Cantik dengan madu

by 07:53:00 0 komentar
Semua orang,  khususnya wanita pasti mendambakan kulit cantik dan sehat. Maka tak heran jika produsen produk kecantikan berlomba-lomba memasarkan produknya bahkan dengan iming-iming cantik secara instan.

Tentu kita mahfum,  tidak sedikit dari produk kecantikan tersebut yang mengandung zat kimia berbahaya. Padahal di sekitar kita banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa menunjang kecantikan kulit dan wajah. Memang sih,  perlu sedikit usaha dalam mengolahnya,  tapi sebandinglah dengan hasil jangka panjangnya. Ingat ya, produk-produk yang menjanjikan hasil instan itu jelas bahayanya!!!

Salah satu bahan alami yang familiar digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit dan wajah adalah madu.

Siapa tak kenal madu, salah satu produk alam yang kaya manfaat,  tidak hanya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh,  ternyata madu juga berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit dan wajah.
Madu bisa dipakai langsung sebagai masker alami,  bisa pula dimix and match dengan bahan lainnya sesuai kebutuhan dan kondisi kulit.

Berikut adalah beberapa resep mix and match madu sebagai perawatan kecantikan yang sudah pernah saya coba:

1. Madu

Madu efektif untuk menghentikan peradangan jerawat. Cukup oleskan madu pada jerawat, diamkan 15 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Madu dan Jeruk Nipis
Perpaduan Madu dan Jeruk Nipis efektif untuk melembabkan serta mencerahkan kulit wajah. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Siapkan satu sendok madu, campurkan dengan perasaan jeruk nipis (resep aslinya menyebutkan satu buah jeruk nipis, tapi saya sendiri menggunakan hanyanya seiris kecil) oleskan pada wajah, tunggu hingga kering danbilas dengan air hangat.

3.Madu dan susu
Saya sangat suka efek wajah pasca menggunakan campuran madu dan susu sebagai masker, wajah jadi terasa kenyal dan lembab. Susu yang saya gunakan adalah susu bubuk instan, cukup sesendok. Larutkan dengan sedikit air agar menyerupai pasta, lalu campurkan dengan sesendok madu. Oleskan ke wajah dan bilas air hangat ketika masker mengering.

4. Madu dan Tomat
Campuran Madu dan tomat ini sangat bermanfaat untuk jenis kulit berminyak.  Pure tomat itu daging tomat yang dihaluskan, campurkan dengan sesendok madu, aduk rata. Oleskan diwajah sampai kering. Bilas dengan air hangat.

5. Madu dan minyak Zaitun
Campurkan satu sendok mdu dengan satu sendok minyak zaitun, aduk rata. oleskan di wajah hingga sekitar 15 menit. Bilas dengan air hangat. Jika digunakan rutin ramuan ini efektif untuk mencerahkan wajah dan mengecilkan pori-pori kulit.

6. Madu dan buah
Madu juga sangat baik digunakan sebagai masker dengan menambahkan buah-buahan yang sesuai.
Campuran buah yang biasa saya kombinasikan dengan madu adalah pisang, pepaya, dan alpukat. Masker Madu dan pisang yang dihaluskan sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengencangkan dan juga menghaluskan wajah. Masker Madu dan pepaya yang dihaluskan juga sangat efektif untuk mencerahkan kulit. Masker Madu dan alpukat efektif untuk melembabkan kuit yang cenderung kering.

Dan masih banyak lagi mix and match masker alami berbahan madu.
Sebenarnya kulit saya cenderung normal, jadi menggunakan mix and match beragam bahan alami so far is so good ^_^

Dari hasil googling, saya menemukan cara tepat untuk menggunakan masker. Kalau kamu malas googling berikut saya bagi tipsnya:

Sebelum menggunakan masker alami, cuci bersih muka menggunakan cleanser atau sabun muka yang biasa kamu gunakan, keringkan dengan handuk lembut, jangan digosok tapi ditepuk-tepuk lembut. Setelahnya siapkan mangkuk yang diisi air panas, uapkan wajah menggunakan air tersebut sekitar 5 menit, ini efektif untuk membuka pori-pori wajah. Jika berkeringat, keringkan wajah dengan tisu atau handuk lembut, kemudian apply masker di seluruh wajah, hindari bagian mata dan bibir. Setelah masker kering, cuci bersih dengan air hangat. setelahnya gosok lembut wajah dengan es batu, ini berguna untuk menutup kembali pori-pori wajah, atau bisa juga mencuci muka saja dengan air es. 

Menggunakan Masker alami memang tidak memberikan efek instan, namun dengan penggunaan rutin dan telaten, insyaallah kulit sehat dan cantik secara alami bisa kita miliki.

Mau mencoba???


sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

0 komentar:

Post a Comment