Posted by : Sara Amijaya Monday 13 January 2014


Hmmmm...jadi ingat, sekitar 3,5 tahun lalu waktu aku pulang ke kotaku, Tanah Grogot, sekarang Tana Paser. Ada yang berbeda menyambutku ketika memasuki wilayah ini. Apa pasal? Nuansa hijau yang dulu familiar sekarang tergantikan dengan ungu. Ya Ungu,  U-N-G-U, warna ngejreng yang  disebut-sebut juga sebagai warna janda itu. Saat itu mungkin hanya beberapa ruas jalan yang nuansanya ungu-putih begini.
Kebayang gak, kalu sepanjang jalan pemandangannya kek gini huehuehue...

Tapi, sekarang jangan  ditanya. Dari tugu masuk, rumah sakit, gedung-gedung pemerintahan, trotoar, sampai tiang lampu, huaaaa............
Gedung Pemkab Paser
Gambar dari www.antaranews.com

Bahkan sebuah telaga buatan di komplek Rumah Sakit pun dinamai dengan telaga ungu (syukurlah airnya gak berwarna ungu, fyiuuuuh....)

Telaga ungu


Telaga ungu dan kompleks Rumah Sakit

Belum lagi segala hotel atau sekolah-sekolah yang sekarang juga mulai terunguisasi. Bahkan mobil dinas untuk kecamatan-kecamatan, warnanya juga...UNGU.


Dulu....ada tuh gedung MTQ serba guna, warnanya senada dengan masjid Agung, HIJAU....iya Hijau yang menyejukkan pandangan itu. Tapi sekarang liat saja penampakannya:

tampak luar

tampak dalam


padahal dulunya begini:


Sepertinya gak kurang deh, semua itu. Baru-baru ini ada juga tuh usaha untuk mengunguisasi Masjid Agung di kotaku:


Syukurnya, berkat keberatan warga, unguisasi Masjid ini dibatalkan dan bagian yang sudah sempat terunguisasi itu sudah kembali menjadi HIJAU.....Alhamdulillah ^_^ 





Masjid Agung Nurul Falah



Meski kabar-kabarinya sih unguisasi mungkin masih akan terus berlanjut, yang pasti aku bersyukur kantor tempatku bekerja adalah Kementerian pusat yang itu berarti kantor kami akan terhindar dari unguisasi gedung pemerintahan daerah. Gak kebayang deh kerja di lingkungan yang serba ungu, bisa tuing-tuing berat aku ^_^.

Dan, sejujurnya aku bertanya-tanya loh. ada apa sih dibalik unguisasi kota ini. 

Ada yang bilang itu karena ungu adalah warna favorit bapak Bupati. Haaa....gak segitunya juga kali.

Ada lagi yang bilang unguisasi itu terjadi sejak istri beliau meninggal, hmmm...rasanya gak tepat juga deh. Istri beliau baru tahun kemarin meninggal sementara unguisasi udah sejak taon kapan gitu.

Ada juga yang bilang ungu itu warna perpaduan semua partai. Hmmm emang kuning, biru, hijau, merah dijadiin satu berubah jadi ungu gitu?????

Yaa.....bagiku misteri unguisasi ini belum terjawab. Mungkin kamu tau????? 




- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -