Novel Dan bidadaripun Mencintaimu : Bedanya Mantan ahli neraka dan mantan ahli surga

by 08:51:00 2 komentar


“Mantan ahli neraka  atau mantan ahli surga?”

Inspirasi untuk memilih dan menjemput hidayah bisa langsung kamu temukan pada buku ini:

Judul              : Dan Bidadaripun Mencintaimu
Penulis          : Ali Imran El Shirazy
Penerbit       : Semesta (Pro- U Media)
Tebal             : 421 hal
Cetakan        :  I Mei 2009
                           II Mei 2009


Adalah Abdurrahman Ghozali, sosok yang digambarkan nyaris sempurna. Wajah tampan melenakan para pengagum fisik. Kecerdasan Akademis memukau para penggila ilmu. Kematangan emosional dan keteguhan batin menginspirasi para perindu surga. Tidak hanya para wanita yang menggilainya, para priapun suka berkawan dekat dengannya.

Ditengah banyaknya para wanita yang bersedia menjadi pendampingnya Ghozali justru lebih menyukai kesendirian di kamarnya, dengan disertai isakan haru. Teman-teman kontrakannya pun mahfum akan kebiasaan “mengurung diri” ghozali, tapi mereka tidak tahu tentang apa dan mengapa teman anutan mereka itu berbuat demikian.

Keengganan dirinya untuk menerima cinta kaum hawa menimbulkan banyak fitnah bahkan nyaris merenggut nyawa sahabat karib yang juga mencintainya. Namun Ghozali tetap kukuh tak menerima satupun cinta mereka.

Ternyata Ghozali pun manusia biasa yang bisa jatuh hati. Namun lagi-lagi rahasia di masa lalunya membuat ia memilih mundur dari cinta sang Nyai, calon hafizah yang juga merupakan  putri sang kyai pesantren.

Apakah rahasia yang menjadi sejarah kelam dalam hidup ghozali? Dan kemanakah hati Ghozali akhirnya bermuara???
-----------------------------------------------------

Hal yang langka terangkum menjadi satu kepribadian pada manusia biasa, membuat pembaca terlempar pada euphoria berlebih. Adalah manusiawi tatkala setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Sosok yang nyaris sempurna terkesan  lebih menjadi figure impian di tengah zaman yang telah penuh fitnah saat ini.


Adalah penulis yang cerdas, ditengah semua kesempurnaan sang tokoh utama, penulis menyimpan rahasia masa lalu kelam sang tokoh utama. Rahasia inilah yang menjadi magnet bagi pembaca untuk terus menuntaskan rasa ingin tahu hingga ke bab-bab akhir kisah ini.

Novel ini adalah sebuah novel islami yang berhasil menyentuh kalbu pembacanya. Dengan penuturan yang tetap syar’i, pembaca diajak menyelami langsung kehidupan Ghozali dan perjuangannya dalam menepis luka, menapaki cita-cita dan cintanya.

Novel ini lumayan tebel, 421 hal termasuk pengantar dan biodata penulisnya. Dengan kapasitas setebal itu jangan takut dilanda kebosanan kawan, kisah ghozali ini melaju dengan cukup cepat, dengan konflik yang tak terduga dan ending yang cukup manis.

Bagiku pribadi, sebagai novel yang mengusung nilai-nilai syar’i, novel ini telah berhasil menunaikan misinya dengan amat sangat baik. Tetapi beberapa penuturan panjang lebar dan termuatnya banyak hadist dan ayat Al’Qur’an menjadikannya cukup terasa berat dan kurang membumi. Pada bagian tersebut terasanya seperti membaca buku agama ketimbang sebuah novel. Namun penempatan yang tepat mengeliminir perasaan itu dengan cepat.

Lebih dari itu semua novel ini menggambarkan dengan sangat baik bahwa hidup seseorang itu dinilai pada akhirnya bukan pada awal ataupun perjalanannya. Lebih baik menjadi mantan ahli neraka ketimbang menjadi mantan ahli surga.


Overall buku ini keren dan menginspirasi, serius….kaga bohong deh ^_^.

Lagi-lagi ini bukanlah resensi saya hanya ikut meramaikan Hari ke-2 (untuk saya) ProjectBattle Challenge #31HariBerbagiBacaan

sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

2 comments:

  1. woaa
    aku jarang sih baca buku islami kecuali ayat-ayat cinta dan KCB :D
    sebabnya ya itu, kadang terlalu menginginkan kesempurnaan, kesucian. padahal Yang Maha Suci itu kan Tuhan YME. :D

    mari berjuang sebulan ke depan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh pengarang buku ini adiknya habiburahman el-shirazy loh say...*apa hubungannya coba xixixi

      Delete