125 Brain games for babies: Ciptakan banyak moment luar biasa dengan buah hati anda

by 13:54:00 6 komentar
Judul                      : 125 Brain Games for Babies
Penulis                  : Jackie Silberg
Penerjemah           : Wahyuni R. Kamah
Penerbit                : Erlangga
Tahun terbit           : 1999

sinopsis buku:

125 Brain games for babies adalah kumpulan permainan mengasyikkan untuk membangun kapasitas otak bayi yang merupakan bahan bangunan bagi proses pembelajaran masa mendatang. Buku ini juga menunjukkan berbagai kesempatan yang bisa anda temukan setiap harinya untuk mengasah perkembangan otak bayi dari 0 bulan hingga 12 bulan.

-------------------------------------------
“Menyentuh, mendekap, dan menggendong bayi tidak hanya terasa menyenangkan, tapi juga membantu pertumbuhan otaknya “--------------(Hasil riset otak hal 15)

“Kemampuan seorang anak untuk mengendalikan pusat emosi bersandar pada pengalaman dan kasih sayang yang diperolehnya sejak dini”--------------(hasil riset otak hal 16)

Selaku orang tua sewajarnya kita sangat menikmati waktu-waktu yang kita habiskan bersama anak-anak kita. Sayangnya, dewasa ini  banyak orang tua yang melepaskan pengasuhan anak-anaknya pada baby sitter, pengasuh bayi, asisten rumah tangga, dan atau sebutan lainnya. Yang pada intinya mereka melewatkan moment-moment tumbuh kembang anak yang tak akan bisa terulang  lagi.


Buku ini menyajikan berbagai riset otak yang ternyata membuktikan bahwa dekapan, ayunan, ciuman, dan berbagai kedekatan antara orang tua dan bayi-bayi mereka ternyata berpengaruh besar terhadap perkembangan otak bayi.

Dimana tumbuh kembang otak bayi bisa lebih optimal dengan permainan sederhana yang bisa dilakukan para orang tua sambil menghabiskan waktu bersama bayi mereka. Bahkan dalam permaian yang sangat sederhana sekalipun seperti “Gendong, peluk, aku sayang kamu”.

Permainan “Gendong, peluk, aku sayang kamu” dilakukan dengan menggendong bayi di lengan kita dan diayunkan ke depan dan ke belakang. Sewaktu menimang ucapkanlah kata-kata “gendong, peluk, aku sayang kamu”. Ketika mengucapkan “kamu” ciumlah bagian tubuh si kecil.

Riset menunjukkan bahwa semakin sering bayi dipeluk, dibuai, dan digendong, semakin ia merasa aman dan mandiri apabila tumbuh dewasa nantinya.

Buku ini membagi permainan dalam 4 tahap tumbuh kembang bayi. Dari lahir sampai 3 bulan,  3 hingga 6 bulan, 6 hingga 9 bulan, 9 hingga 12 bulan.


Sebuah buku yang layak baca dan membantu anda menciptakan banyak momen”luar biasa“ dengan buah hati anda.

sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

6 comments:

  1. Eh aku pernah baca lo... anak-anak yang cerdas pada usia balita itu pada dewasanya jadi males belajar atau mengalami kemunduran. Karena pada saat kecil, dia 'dipaksa' untuk mengahapal menghitung dll...

    karena pada usia anak-anak waktunya adalah bermain dan bermain.

    Nah makanya pas banget tuh buku ini.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat neng, aku mah jadi ibu easy going aja n sadar banget deh anak-anak itu ya emang senangnya bermain bukan belajar. kalau toh kita mau mendidik mereka maka selipkanlah pendidikan itu melalui permaianan yang mengasyikkan:)

      Delete
  2. Rizki Pradana says:
    ijiiin bookmark dulu ya kakaaak,,lumayan buat modal nanti kalau udah punya anak..#istrimanaistri #mencariistri

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahaha....rizki sekalian promo diri ya...deuuu yang masih jomblo gitu deeeh:)

      Delete
  3. buku yang harusnya dibaca pas anak msh bayi ya.. sdh telat nih.. anakku sdh sekolah hehe..
    gud review mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaah mba binta:)
      eh ada loh permainan untuk anak dari 0 bulan - 11 tahun. bukunya masih nyelip, ntar kalu nemu aku review-in deh.

      Delete