Agar Shalatmu Lebih Khusyuk

by 14:39:00 5 komentar
Judul buku            : Agar Shalatmu Lebih Khusyuk
Penulis                 : Muhammad Shalih Al-Munajjid
Penerjemah          : Firdaus Sanusi, Lc,M.A
Penerbit               : Zam-Zam
Tahun Terbit        : Juli 2011
Tebal                   : 152 hal


Sinopsis buku:

Shalat yang berkualitas adalah shalat yang mengandung kekhusyukan di dalamnya. Sehingga, meskipun sama-sama satu shaf dalam shalat, bisa jadi kualitas shalat seseorang berbeda dengan kualitas shalat orang lainnya. Kondisi inilah yang pernah disampaikan Rasulullah SAW dalam sabda beliau:
 “ sesungguhnya seorang hamba menunaikan shalatnya, namun tidaklah dicatat dari shalatnya tersebut kecuali hanya sepersepuluh, sepersembilan, seperdelapan, sepertujuh, seperenam, seperlima, seperempat,sepertiga, dan setengahnya” (Hr.Ahmad)

-------------------------------------------------------------
Realita yang kini terjadi di akhir zaman seperti apa yang telah digambarkan Hudzaifah r.a
“Hal pertama yang akan hilang dari agama kalian adalah khusyuk. Dan, hal terakhir yang akan hilang dari agama kalian adalah shalat. Betapa banyak orang yang shalat namun tiada kebaikan padanya. Dan hampir saja engkau memasuki masjid tanpa mendapatkan orang yang khusyuk di antara mereka” (Madarijus Salikin I: 521)


Umat Islam memang belum meninggalkan shalat, tapi sedikit yang mampu mendapatkan khusyuk di dalam sholatnya. Demikianlah, buku ini hadir untuk mengingatkan umat akan pentingnya khusyuk dalam shalat.

 Salah satu hadist mengenai keutamaan khusyuk adalah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut:
“Barangsiapa berwudhu dan membaguskan wudhunya, lalu menunaikan shalat dua rakaat dan benar-benar menghadapkan hati dan wajahnya untuk shalat tersebut, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yan telah lalu” (Bukhari: 158)

Dalam buku ini dijelaskan pula  dua hal yang dapat membantu meraih kekhusyukan, yaitu memperkuat hal-hal yang diperlukan dan melemahkan hal-hal yang melalaikan.

Yang pertama, memperkuat hal-hal yang diperlukan seperti: Kesungguhan seorang hamba dalam memahami apa yang dikatakan dan dilakukannya, mentadaburi bacaan, dzikir, dan doa yang terdapat dalam shalat, dll

Yang kedua menghilangkan hal-hal yang akan menjadi penghalang, yakni membendung semua hal yang dapat melalaikan hati, baik ketika memikirkan hal yang tidak bermanfaat atau merenungkan hal-hal sepele yang membuat kita terlupa akan tujuan utama dalam shalat.

Tentunya hal tesebut terkait kadar keimanan masing-masing orang. Banyaknya bujukan syetan terhadap diri kita tentulah berbanding lurus dengan banyaknya syubhat dan syahwat masing-masing.

Diramu dalam 33 tips praktis yang disertai dalil-dalil shahih, pembaca diajak untuk mendapatkan kekhusyukan di dalam setiap shalatnya. Sebuah buku yang sarat ilmu dan layak dibaca setiap penuntut ilmu .

Diantara tips tersebut adalah:
·         Ingat mati saat shalat (hal 34)

“Jika engkau berdiri dalam shalatmu, maka shalatlah sebagaimana shalat orang yang akan berpisah”( Shahihul Jami’ no 742)

·         Bacalah Al-Qur’an dengan Tartil (hal 46)

…Dan bacalah Al-Qur’an dengan perlahan-lahan” (Al-Muzzammil:4)

·         Sadarilah Bahwa Allah menjawab permohonan (hal 49)

"Allah telah berfirman, 'Aku telah membagi shalat antara-Ku dan hamba-Ku menjadi dua bagian, dan Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.'

Apabila dia membaca , 'Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
'Allah akan membalasnya dengan berfirman, 'Hamba-Ku telah memuji-Ku.'
Apabila dia membaca, 'Zat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.'
Allah berfirman, 'Hamba-Ku telah memuji-Ku.'
Apabila dia membaca, 'Yang menguasai Hari Pembalasan.'
Allah berfirman, 'Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.' lalu Allah berfirman sekali lagi, 'Hamba-Ku telah pasrahkan segala urusannya kepada-Ku.'

Apabila dia membaca, 'Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.'
Allah berfirman, 'Ini adalah urusan antara Aku dan hamba-Ku, dan aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.' “ ----(Shahih Muslim)


sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

5 comments:

  1. buku yg penting untuk disimpen dan dibaca kalau lagi imannya down ya mbak ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting banget mba....
      kalu buku-buku novel habis dibaca saya simpen dikardus mba biar gak menuh2in rak. kalu buku-buku ini standby di rak buat dopping iman:)

      Delete
  2. nasehat yang perlu di tempel di jidat ya mbak.. Sholat tiangnya agama. Kalau sholatnya nggak khusyuk, nah gimana dengan agamanya..
    sip.. Buku yang bermanfaat sekali ya mbak untuk dibca dan dipraktikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiiah vera...sini jidatnya aku tempelin yak:)

      Delete
  3. Sepertinya buku yang wajib dibeli ini, Mbak.

    Makasih sharingnya ^^

    ReplyDelete