A book I Happy People : 100 Rahasia membuat hidup bahagia

by 08:31:00 8 komentar

Judul buku       : HAPPY PEOPLE
Penulis            : David Niven, Ph.D
Alih Bahasa     : Haris Munandar, M.A
Penerbit          : Erlangga
Tebal              : 228 hal
Tahun terbit     : 2005
ISbN               : 979-688-474-7


Sinopsis:
Para ilmuwan dan kaum akademisi telah menekuni karir mereka untuk menelaah apa sesungguhnya yang membuat orang bahagia. Namun, hasil riset yang berharga itu tersembunyi di balik jurnal dan laporanilmiah, sehingga tidak terbaca oleh khalayak luas. Seorang psikolog dan ilmuwan social, David Niven Phd berhasil menyederhanakan ribuan penelitian itu menjadi serangkaian saran yang mudah di cerna.

------------------------------------------

Rahasia pertama dari 100 rahasia membuat hidup bahagia yang di bahas dibuku ini adalah:

Hidup anda memiliki tujuan dan makna
Anda tidak berada di dunia ini hanya untuk mengisi suatu tempat atau menjadi pemeran tambahan dalam film yang dibintangi oleh orang lain.
 Pertimbangkanlah hal ini:
Tidak akan ada yang sama jika anda tidak ada.
Semua tempat yang anda kunjungi dan setiap orang yang anda ajak bicara
Akan berbeda tanpa adanya anda.
Kita semua terhubung satu sama lain.
Dan kita semua terpengaruh oleh berbagai keputusan dan keberadaan orang-orang yang 
ada di sekitar kita.


Setiap saran ini dilengkapi ilustrasi kisah sederhana,dan dibagian bawahnya dituliskan pula riset ilmiah yang mendukung saran-saran tersebut.

Menarikya saran-saran tersebut terdengar amat sangat biasa. tetapi jika kita meresapinya maka kita mau tak mau mengakui kebenarannya dan terkadang tersenyum-senyum sendiri menyadari kebodohan kita karena tak menyadarinya selama ini.

Seperti saran ke 7 yang hanya berbunyi: Matikan TV !!!

Telivisi adalah tontonan lezat yang mengalihkan perhatian kita dari hal-hal paling penting dalam kehidupan.

Saran ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan Wu tahun 1998. Dimana ternyata  jika terlalu sering menonton TV akan meningkatkan 3 kali hasrat untuk terus menontonnya. Sementara itu, menonton TV satu jam per hari dapat mengurangi kesenangan pribadi sekitar 5 persen.

Kemudian disarankan pula untuk Menerima diri sendiri apa adanya.

Diri anda tidak diukur dari besar-kecilnya rekening tabungan anda
Elit tidaknya lingkungan tempat tinggal anda,
Ataupun jenis pekerjaan anda.
Anda sebagaimana setiap orang lainnya,
Adalah perpaduan istimewa yang rumit dan sukar untuk digambarkan.
Perpaduan antara berbagai kelebihan dan keterbatasan.

Luar biasa bukan????

Beberapa saran lainnya;

  • ·          Ingatlah darimana anda berasal
  • ·         Percayalah pada diri sensiri
  • ·         Janganlah percaya diri secara berlebihan
  • ·         Perhatikan! Anda mungkin memiliki apa yang anda inginkan
  • ·         Nikmati hal-hal biasa
  • ·         Jangan biarkan orang lain menentukan cita-cita anda
  • ·         Jika orang yang anda kasihi terus melakukankebiasaan yang tidak anda sukai, jangan pura-pura mengabaikannya

·         Jangan pernah berpikir ‘bagaimana seandainya”

Buku ini mengantarkan kita pada motivasi diri yang sebenarnya sudah kita ketahui tapi terkadang tidak kita sadari.
Tanpa bertele-tele, lembar demi lembarnya terus menyajikan saran sederhana namun tetap tetap sarat makna.
Sebuah buku yang layak dimiliki para pencari kebahagiaan ^_^.


Kita beranggapan bahwa orang-orang bahagia dan tidak bahagia,
sudah ditentukan sejak lahir.
Namun sesungguhnya, dua macam manusia ini melakukan dua hal yang berbeda.
Orang-orang bahagia membiarkan diri mereka bahagia.
Sedangkan orang-orang yang tidak bahagia,
secara sadar atau tidak, terus melakukan hal-hal yang mengesalkan diri mereka.


sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

8 comments:

  1. itu covernya kok buram mbak fotonya? :D

    sepertinya bukunya menarik...
    apalagi untuk dibaca teman-teman yang belum bisa merasa bersyukur atas hidup mereka. juga untuk teman-teman remaja yang masih mencari jati diri..
    aku juga masih mencari sih, berarti aku remaja ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nyecan buku aslinya udah lupa naruh dimana. hasil googling kok ya cuman ada itu. bukunya kaga terkenal kali padahal keren abis loh. kek mario teguh kalo lagi ngomong wkekekeke

      Delete
  2. Aku juga mau nanya kok fotnya ga jelas ya? :p
    KAyanya bagus bukunya, semua orang sibuk mencari kebahagiaan. Letak bahagia itu bukan dari materi, tapi ketenangan hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ntar deh kalu bukunya ketemu aku scan ulan huhuhu
      nah sepakat saia....kebahagian itu oleh ketenangan hati bukan oleh materi, meski terkadangmateri juga bis amemberi ketenangan hati bagi sebagian orang:)

      Delete
  3. wew.. merasa agak kejedug saat ada -- matikan tv !
    :D
    bener sih kelamaan nonton tv kadang jd terlewatkan hal2 penting sprt kerjaan rumah yang diundur2 gitu heuheu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi....aku jarang nonton TV mba kecuali pas lagi liburan. kalu ada film yg (kata orang) keren aku pasti nanya. ada novelnya aja gak???? kalu nonton suka ketiduran kalu baca mah hayooo ajah hohohoho

      Delete
  4. Suka dhe buku2 seperti itu.
    Nah, nah...dari blog Mbak Ley, ke sini...makin nyes ke hati.

    ----Tidak akan ada yang sama jika anda tidak ada.
    Semua tempat yang anda kunjungi dan setiap orang yang anda ajak bicara
    Akan berbeda tanpa adanya anda.
    Kita semua terhubung satu sama lain.
    Dan kita semua terpengaruh oleh berbagai keputusan dan keberadaan orang-orang yang
    ada di sekitar kita.----

    Klo nonton TV jarang sih. Klo denger radio sering sambil2 ngerjain apa gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua isi buku ini nyes di hati mba brien.... aku aja kalu bete suka nyari inspirasi buka-buka buku ini:)

      dengerin radio, trus sambil ngerjain apa gitu, sambil joged gak mba brien? xixixi

      Delete