Posted by : Sara Amijaya Wednesday 19 June 2013

Liputan6.com solusi cerdas untuk selalu up to date.Sebagai IRT yang juga merangkap sebagai wanita bekerja, aku hampir-hampir tak sempat bahkan untuk sekedar mengikuti perkembangan info kekinian baik di dalam negeri apalagi Luar negeri.Ditengah-tengah kesibukan dini hari menjelang berangkat kerja,menyiapkan sarapan, dan menyiapkan anak-anak yang juga harus sekolah aku hanya sempat mendengar potongan-potongan berita pagi yang biasa diikuti suamiku.
Tampilan liputan6.com per 18 Juni 2013


Syukurnya di kantor, pekerjaan mengharuskanku terkoneksi dengan jaringan internet sepanjang waktu sehingga memudahkanku menjelajah dunia maya. Dimana Keberadaan portal-portal berita yang kian marak di media online jelas sangat membantuku untuk selalu up to date dengan informasi-informasi yang tak sempat kutelaah melalui media elektronik maupun media massa lainnya.

 Dengan demikian, tentu aku akrab dengan beberapa portal berita online yang sudah eksis sejak lama. Salah satunya liputan6.com.


Yup, benar,…..liputan6.com. Portal berita online dari sebuah program berita di SCTV. Diluncurkan sekitar tahun 2000 dengan tetap mengusung slogan andalannya : “Aktual, tajam, terpercaya”.

Lepas dari kenetralitasan sebuah pemberitaan, bagiku pribadi liputan6.com cukup memadai dan informatif dalam menyajikan berita terkini, berita terbaru maupun beritahari ini. Dengan kategori beragam memungkinkan  pengguna memilih berita sesuai kategori yang diminati oleh masing-masing pengguna. Sebut saja di antaranya news, bisnis, bola, showbiz, tekno, dan health.

Di situs ini juga terdapat kategori khusus seputar politik, peristiwa, internasional dan citizen6. Sebagai seorang ibu dengan anak-anak yang memasuki usia sekolah aku merasa penting loh untuk up to date dengan perkembangann dunia pendidikan di tanah air. Tentu aku berharap di sub kategori khusus berita terkini liputan6.com ini juga memuat kategori pendidikan.

Untuk desain website sendiri, bagiku sebagai orang awam  tampilan site liputan6.com cukup eye cathing dengan dominasi latar putih, abu-abu dan warna jingganya. Aku suka slide fhoto besar yang menjadi “headline”  berita. Hanya saja semakin ke bawah tampilan fhoto-fhoto dan sub judul berita menurutku agak terlalu banyak ditampilkan di laman utama. Sehingga membuatnya terlihat sedikit berantakan karena terlalu penuh. Padahal ya masing-masing kategori yang tersaji di menu sudah cukup untuk memandu pengguna memilah-milih berita yang diinginkannya.

Situs ini juga dilengkapi fitur fhoto, video, dan streaming, sehingga pengguna bisa mengakses berita dengan lebih inovatif. Adapun kategori index memungkinkan pengguna untuk mancari berita berdasarkan tanggal sejak tahun 2002 sampai sekarang. 

Satu lagi yang menarik. Citizen6. Citizen6 memberi kesempatan bagi pembaca yang memiliki bakat jurnalistik untuk mengirimkan berita. Memberi kesempatan bagi masyarakat untuk menulis berita yang tertangkap di sekeliling mereka itu sesuatu banget loh ^_^.

Overall, aku pribadi merasa nyaman dengan tampilan dan sajian informative yang terdapat dalam liputan6.com. Selama liputan6.com terus konsisten dengan slogan “Aktual, tajam, terpercaya”-nya, aku percaya situs ini bisa menjadi solusi cerdas bagi masyarakat agar selalu up to date dengan perkembangan informasi kekinian.

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -