Audisi menulis DL Januari 2011

by 13:44:00 0 komentar

Audisi Diary Hatiku (DL 15 Januari 2012)

Curhat Colongan bag-1
Tema ‘Pengakuan-ku’
Dear teman-teman RBPI dan Sahabat Group ‘Inspirasiku’,Kamu punya banyak rahasia yang selalu kamu tulis dalam sebuah buku harian, dan menghindari orang lain agar tidak tahu isi diary-mu itu. Tapi ada satu, satu saja yang sebenarnya ingin kamu ceritakan pada seseorang karena rahasia kamu itu sebenarnya merupakan sebuah ‘pengakuan’ yang selama ini membebani hidup kamu.

Nah, kamu bisa ikutkan curhatan kamu itu dalam LOMBA Flash True Story – Curhat Colongan bag-1
Dengan Tema : Pengakuanku.

….. Mungkin kamu mau mengakui kalau dulu kamu pernah mencuri recehan dari saku bapak, atau kamu pernah kabur karena secara tidak sengaja memecahkan genteng tetangga, atau… ehm..ehm… sebenarnya kamu secara diam-diam mencintai pacar sahabatmu sendiri? ….
Apapun pengakuanmu,  silakan dibagi, supaya hidup kamu menjadi lebih santai
Syarat  Peserta:
  1. WNI berusia di atas 15 tahun
  2. Berteman dengan Rumah Buku Pustaka Ilmu ( http://www.facebook.com/profile.php?id=100001852526712 ) dan tergabung dalam grup ‘Inspirasiku’ ( http://www.facebook.com/groups/301946559849517/ )
  3. Posting info Lomba ini di Notes fb peserta dan Tag ke 25 teman yang memiliki hobi membaca dan menulis
  4. Bersedia jika naskah ‘curhat’-nya dibukukan dan dijual bebas (kontirbutor tidak menerima royalti karena sudah mendapatkan hadiah) – Buku akan diterbitkan secara indie setelah event CurCol bag ke-3 (tema bag-2 & bag-3 akan diinformasikan setelah event bag-1 selesai) dan royalti akan dipakai untuk pengembangan Taman Bacaan Pustaka Ilmu

Ketentuan naskah :
  1. Naskah diketik dengan TNR 12 menggunakan EYD sejumlah maksimal 500 kata (di luar judul dan biodata), terhindar dari unsur SARA dan pornography
  2. Biodata hanya berisi nama, usia, nama kota tempat tinggal dan  alamat email/blog untuk komunikasi pembaca
  3. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak dan tidak sedang diikutsertakan dalam perlombaan lain
  4. Naskah dikirim ke alamat email : bukuilmuku@yahoo.co.id dengan subject : FTS Curcol-1 paling lambat tgl 15 Januari 2012 pukul 23.59 WIB, pengumuman Lomba tgl 31 Januari 2012.
  5. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya

**********

AUDISI PENULISAN BUKU "AKU SAYANG KAMU" (DL 20 januari 2012)

sahabat yang berbahagia..
Tuhan menciptakan makluknya berpasang-pasangan untuk saling menyayangi dan mencintai agar bumi pijakan kita terasa nyaman dan damai di hati.
Adakah seseorang yang Sahabat sayangi dan cintai?Adakah seseorang yang menyayangi dan mencintai Sahabat?Adakah cerita unik antara Sahabat dan pasangan yang dapat menginspirasi?
Mari bersama-sama kita ungkapkan serta abadikan kisah inspirati tersebut dalam sebuah buku. Sehingga kisah indah itu bisa kita kenang hingga rambut serta gigi kita mulai rontok dan tertanggal nanti :)
PERSYARATAN AUDISI:
1.    Naskah bertajuk “Flash True Story”, tidak kurang dari 300 kata dan tidak lebih dari 500   kata.Naskah berupa karya asli, bukan terjemahan/saduran, dan tidak pernah dipublikasi dalam media cetak maupun online, serta tidak sedang diikutkan dalam lomba ataupun audisi lainnya.
2.    Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik dalam Microsoft Word, menggunakan huruf Times New Roman, font 12, spasi 1,5, kertas A4, dengan margin 3333
3.    Sertakan biodata singkat di dalam file terpisah. DILARANG menuliskan biodata atau nama di badan naskah audisi
4.    Naskah dikirimkan ke alamat email: audisi_ask@yahoo.com, dengan subyek email: 0ASK - Judul Naskah - Nama Penulis
5.    Wajib mempostingkan info ini di account FB masing-masing serta di tag ke Bikin Buku Yuk dan 25 teman lainnya
6.    Naskah paling lambat dikirimkan pada tanggal 20 Januari 2012 pukul 24:00 wib
7.    Pengumuman hasil audisi akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2012
8.    Naskah yang lolos insyaAllah akan diterbitkan dalam buku antologi Aku Sayang Kamu (tentantif). Penghitungan Royalti hasil penjualan buku akan diberitahukan selanjutnya.
9.    Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya
 Naskah dengan gaya penulisan ala Chicken Soup mempunyai poin lebih

*******

LOMBA MENULIS CERPEN BERTEMA K-POP (DL 31 Januari 2012)


Anyeonghaseo…

Dalam rangka memperingati ulang tahun saya di bulan Februari nanti.  Ada even lomba  Menulis cerpen dimana tema yang diangkat adalah tentang K-POP.  Kenapa K-POP? Saya yakin temen-temen sudah tahu, gila KPOP sudah merajarela di Indonesia.  Nah, di kesempatan yang baik ini ada bagusnya kita berkreativitas  dengan mengangkat  tema K-POP pada sebuah cerpen.   Lalu tema K-POP itu seperti apa sih?  Ada banyak hal yang bisa diangkat disini.  Entah tentang kecintaan temen-temen pada Boysband-Boysgirl Korea, atau Lagu Korea yang bisa dijadikan inspirasi bahkan tentang selebritis idola temen-temen.  Saya yakin kalian ada satu atau dua Korean idol yang disuka. Atau mengadaptasi dari  sebuah drama korea kesukaan temen-temen (tapi bukan niru ya? heheh ).  Selain itu mengangkat budaya Korea itu sendiri gak masalah kok.
Tapi tetap harus digaris bawahi walaupun ini tema K-POP ciri khas Budaya kita jangan dihilangkan ya? Misalnya nama.  Itu sebabnya saya mensyaratkan satu tokoh utamanya bernama Petra, Shandi, Ezar atau Satria.  Cukup pilih satu nama saja.
Berikut Ketentuan lengkapnya :
  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik & benar
  3. Naskah harus karya asli, bukan terjemahan.
  4. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik & online dan tidak   sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
  5. Memiliki akun FB dan berteman dengan saya, Petra Shandi  serta mengajak (membagikan) ke wall teman fb minimal 20 teman, jangan lupa tag saya.
  6. Peserta hanya boleh mengirim 1 naskah terbaiknya. Keputusan juri mengikat. Tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada surat menyurat.
  7.  Naskah di kirim ke email: ezarsatria@ymail.com dengan subjek email: KPOP_Judul Cerpen_Nama Penulis dengan nama file Judul Cerpen_nama penulis. jangan lupa sertakan biodata singkat dibawah naskah.  Berbentuk Narasi dan maksimal 200 kata.
  8. Naskah dikirim paling lambat 31 Januari 2012 pukul 00.00 WIB
  9. Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak 1,5 spasi. Font TNR, 12
10.  Panjang naskah sekitar 6-10 halaman

Akan diambil tiga orang pemenang:
  1. Juara I : Satu buku Novelet Cattelya, satu buku Kumcer Pirouette Love dan satu buku dari Leutika  (Judul pilih sendiri) serta satu buah Kumcer ketika Cinta membiru
  2. Juara II : Satu buku Novelet Cattelya dan satu buku Kumcer Pirouette Love serta satu buah buku Kumcer ketika Cinta Membiru
  3. Juara III : Satu buku Novelet Cattelya satu buku kumcer Ketika Cinta Membiru
20 Naskah terpilih akan dibukukan di penerbit Indie.  So, tunggu apalagi segera tulis cerpen teman-teman.
Selamat Berkarya, Gamsahamnida… Anyeong!!

*******

Lomba Cerpen Inspiratif “Menjadi Hero” (DL 31 Januari 2012)

Perjuangan hidup mencapai sebuah cita-cita tentu saja merupakan hal yang tidak mudah untuk dijalani. Tidak semua orang kuat untuk terus melangkah dan menerjang banyak rintangan demi menjadi seorang hero. Ya, hero bukan hanya sebatas orang yang berjuang di medan peperangan, tapi juga berjuang mencapai masa depan yang lebih baik dari titik nol atau mampu bangkit dari keterpurukan.
Nah, itulah pengantar singkat mengenai lomba untuk bulan Januari 2012 yang bertema “Menjadi Hero”. Tulislah sebuah cerita inspiratif (boleh kisah nyata atau fiktif belaka) yang berkisah tentang perjuangan seseorang dari titik nol hingga mencapai tujuan yang dicita-citakan selama ini. Buatlah sedramatis mungkin, menjadi sebuah cerita yang mampu menggetarkan nurani siapa pun yang membacanya, serta menjadi inspirasi untuk ditiru oleh siapa saja!

Silakan kirimkan naskah cerpen kamu ke alamat e-mail: lombadiva@gmail.com dengan format file Word berikut:
1.    Panjang naskah 8-10 halaman (tidak dihitung biodata)
2.    Ukuran kertas A4,TNR, spasi 2Margin atas (top): 4cm, kiri (left): 4cm, kanan (right): 3cm, bawah (bottom): 3cm
3.    Nama file adalah judul cerpen
4.    Subjek email adalah: hero#nama pena#judul cerpen
5.    Lengkapi naskah kamu dengan biodata narasi (mencantumkan nomor yang bisa dihubungi) di bagian akhir cerpen. Cantumkan pula alamat blog, akun facebook, dan twitter milik kamu ya:D
6.    Lomba ini berlangsung selama bulan Januari 2012 dan ditutup 31 Januari 2012 pukul 23.59 WIB
7.    Lama penjurian adalah 1 bulan
8.    Naskah-naskah terbaik akan dipilih untuk dibukukan oleh DIVA Press.
9.    Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah paket buku beserta sampel buku antologi dari lomba ini.
10.    Nah, mari mulai membuat karya inspiratif yang mampu mengubah seseorang menjadi lebih baik!!
11.    Lomba dimulai sekarang!!!

*******

sarah amijaya

Developer

An ordinary woman, Blogger wanna be, Books lover, Happy wife and moms.

0 komentar:

Post a Comment